June 7, 2017

Bagaimana memilih jurusan kuliah ?

Sering kita mendengar teman kita putus kuliah karena setelah menjalani perkuliahan selama satu semester ia tidak semangat untuk melanjutkannya, kadang memang beberapa orang mengalami kesalahan dalam memilih jurusan saat hendak kuliah karena berbagai alasan dan salah satunya tidak melakukan observasi terlebih dahulu pada jurusan yang hendak ditempuh. Karena hal tersebut banyak yang jadi tidak betah dengan kondisi lingkungan maupun akademis yang dimilikinya. Tidak jarang orang memilih jurusan hanya karena prospek kerjanya yang tinggi tanpa memdulikan minatnya terhadap jurusan yang dipilih. Ada beberapa tips untuk memilih jurusan kuliah yang tepat dan ngak bikin kita menyesal ? Simak cara – cara ini !

  1. Mencari informasi secara detail
    Ada baiknya kalau sebelum memilih jurusan, kalian punya informasi yang lebih luas dan detail tentang jurusan atau kampus yang dipilih. Mulai dari ilmu, mata kuliah, praktek lapangan, dosen, universitas, komunikasi sosial, kegiatan kampus, biaya dan sebagainya. Semakin matang informasi yang dicari, semakin matang pula pimilihan jurusan tersebut. Cara mencari informasi bisa didapatkan dari survey internet atau menanyakan pengalaman alumni atau teman kuliah di situ.
  2. Pilih jurusan sesuai minat dan bakat
    Sudah cari cara paling efektif ketika memilih jurusan sesuai minat. Soalnya, kalau seseorang memilih jurusan sesuai dengan kemampuan dan minatnya, maka dia akan mampu bertahan dalam menghadapi kesulitan-kesulitan selama kuliah. Penjurusan sesuai minat juga semakin mempermudah sobat dalam mencari kerja. Selain sesuai hobi, kita juga akan dikuatkan oleh gelar yang memberi sertifikasi resmi pada hobi yang dimiliki. Sehingga pemilihan kerja pun menjadi lebih mudah.
  3. Melihat konsekuensi ke depan
    Setiap keputusan yang sudah anda ambil harus diikuti sikap siap menerima resiko yang ada. Kalau kita matang dalam menentukan keputusan, maka menerima konsekuensi pun juga semakin siap. Jangan sampai kalau ingin menjadi programer komputer tapi tidak siap dengan belajar penulisan koding program. Yang paling penting pokoknya, kalau sudah punya cita-cita, sikapkan mental, fisik dan komitmen untuk mau belajar menghadapi tantangan.
  4. Menyiapkan beberapa alternatif
    Dalam menyusun strategi, kita sudah dibiasakan untuk menyusun plan B dalam setiap kemungkinan. Oleh karena itu, dalam memilih jurusanpun harus menyiapkan rencana kedua selain jurusan utama. Namun, bukan berarti sudah punya rencana keduajadi ngak maksimal dalam melaksanakannya, ya! Persiapan alternatif ini juga bertujuan untuk menyiapkan mental saat menerima pengumuman penerimaan mahasiswa.

Nah Salah satu pilihan alternatif lagi jika kamu ingin kuliah tahun depan untuk ujian SBMPTN kamu harus membekali diri kamu dengan kemampuan ilmu, jangan sampai kamu menganggur selama setahun menunggu. Nanti otakmu jadi nganggur karena tidak pernah dipakai jadinya tumpul. Sama seperti belati itu jadi tumpul karena tidak pernah diasah.

LPK UNIGAMA merupakan salah satu yang bisa kamu kunjungi dan kenal yaa hehe … Semua yang pingin belajar komputer bisa mendaftar di pusat pelatihan dan pendidikan komputer di Yogyakarta yang sudah berpengalaman sejak 25 tahun dalam meluluskan program teknisi dan multimedia komputer, kamu bisa langsung datang ke alamat kami di Mayjend Bambang Sugeng (Bausasran) No. 75 Yogyakarta. Telp. (0274) 543620 Telp. WA/SMA/Line 0838.6704.0663 Simpati 0812. 8957.9985