July 3, 2017

Belajar bongkar pasang komputer gaming

Langkah Merakit PC Gaming

Untuk merakit PC (Personal Computer) Gaming pada dasarnya sama dengan seperti merakit PC pada umumnya hanya mungkin yang membedakan adalah spesifikasi komputer dan pentingnya komponen VGA Card di dalam perakitannya. Untuk mempersingkat pembahasan mari kita simak beberapa langkah – langkah dalam merakitnya yaa …

  1. Cara memasang processor ke motherboard

    • Persiapkan Prosesor apa itu processor? Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas..
    • Kemudian letakkan prosesor dan perhatikan lekukan yang terdapat di kedua sisi prosesor. Tanda tersebut sebagai panduan memasang prosesor yaitu dengan mencocokan dengan tanda yang ada di socket motherboard.

    Perhatikan lekukan di kedua sisi prosesor

    • Setelah itu bukalah pengait socket  pada motherboard.


    Buka pengait socket

    • Kemudian pasang prosesor pada socket kemudian kunci kembali.

    Pasang prosesor dengan benar

    • Gunakan pasta prosesor untuk mengurangi panas yang dihasilkan prosesor. Wajib.

  2. Cara pasang heatsink processor
    Anda perlu perhatikan empat lubang di motherboard – sedangkan orientasi dari heatsink dapat ke arah mana saja. Pilih dari masing-masing dari 2 pins secara diagonal, kemudian tekan ke bawah secara bersamaan. Tekan sampai anda mendengar bunyi “click”. Pin akan mengunci ketika kaki-kaki pin telah masuk ke motherboard.


    Dapat dilihat pada dua gambar dibawah ini anda dapat melihat pins yang dimaksud, Yang pertama yang tidak terkunci, dan yang kedua dalam keadaan terkunci.


    Terakhir, sambungkan kabel power connector dari kipas / fan pada heatsink dengan sambungannya pada motherboard. Petunjuknya dapat dilihat pada label/keterangan tulisan ” CPU Fan ” pada motherboard.

    Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gel penghantar panas.Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.

    Untuk belajar lebih lengkap tentang teknisi komputer segera gabung dengan kami di LPK UNIGAMA. Semua yang pingin belajar komputer bisa mendaftar di pusat pelatihan dan pendidikan komputer di Yogyakarta yang sudah berpengalaman sejak 25 tahun dalam meluluskan program teknisi dan multimedia komputer, kamu bisa langsung datang ke alamat kami di Mayjend Bambang Sugeng (Bausasran) No. 75 Yogyakarta. Telp. (0274) 543620 Telp. WA/SMA/Line 0838.6704.0663 Simpati 0812. 8957.9985