March 3, 2017

Cara mempermudah pewarnaan untuk dicetak

Cara mempermudah pewarnaan untuk dicetak.

Hallo sahabat unigama, Salam Sukses dan Bersemangat. Bagaimana kabar anda kami harap anda selalu bahagia dan selalu bersemangat untuk belajar. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan memberikan artikel masih mengenai pewarnaan namun untuk tujuan mencetak atau diprint yaa… Ok ada baiknya anda simak tulisan kami berikut ini

Pada saat anda mendesain menggunakan komputer dan desain yang anda lihat di monitor komputer sudah cukup bagus untuk dicetak, dari segi pewarnaan sangat menarik, namun tiba – tiba saat anda cetak hasil yang diharapkan tidak sesuai dengan gambar yang ada di monitor, Bagaimana apakah anda pernah mengalaminya ? Yaa … itu biasa terjadi kalau kita belum paham tentang pengaturan untuk mencetak desain supaya lebih bagus

Mengapa hal itu bisa terjadi karena pada saat desain kita buat di layar monitor kebanyakan menggunakan mode RGB atau RGB Heksadecimal makanya apa yang ada di motnitor tidak sesuai dengan apa yang anda cetak. Jadi ada baiknya sebelum anda mencetak pastikan dahulu bahwa monitor yang anda gunakan sudah anda setting menjadi mode CMYK.

Apakah ada cara yang bisa digunakan untuk memudahkan mendesain dalam pemilihan warna CMYK di komputer ? Tentu saja ada ya, Yang anda harus lakukan adalah dengan membuat warna CMYK di CorelDRAW, pada kesempatan ini CorelDRAW yang saya gunakan versi X7 namun hal ini tidak menutup kemungkinan apabila anda menggunakan versi yang dibawahnya

Pembuatan warna CMYK dibuat menggunakan 3 warna dasar yaitu Cyan (C), Magenta (M), Yellow (Y) dan Black (K) seperti pada gambar :

Dengan menggunakan efek Blend Tool, secara clockwise, dengan step 3, jalur / path pada lingkaran antara CYAN dan magenta, akan di dapat warna sekunder dan tersier. Dimana warna sekunder adalah peprpaduan antara dua warna tersier dan warna tersier adalah perpaduan antara warna primer dan wana sekunder.

ulangi langkah sebelumnya dengan melakukan perintah Blend sehingga anda mendapatkan warna hijau

Dengan Blend tool kembali anda buat warna megenta dengan kuning sehingga anda mendapatkan lingkaran dengan penuh warna warni. Nah warna warni tersebut yang dihasilkan adalah jenis Hue dan masih Full Saturation masih belum terpengaruh dengan gelap dan terang.

Untuk mendapatkan kesan gelap dan terang anda dapat membuat lingaran  putih seperti pada gambar

 

 

Masih menggunakan Blend Tool 
 

 

 

 

Dan seterusnya hingga selesai. Spectrum warna ini hasil Lightness / gelap terang dan warna hitam putih Untuk menambah variasi warna lain yang lebih pudar, ganti lingkaran putih menjadi abu – abu (misalnya) 20%, sehingga hasilnya akan sangat bagus seperti pada gambar. Spectrum warna tersebut yang dinamakan Tint/Cerah pudah dan warna hitam menuju abu – abu.
Demikian Artikel kami kali ini semoga bermanfaat khususnya untuk siswa unigama dan untuk masyrakat luas yang kira – kira membutuhkan informasi ini.