Pilih Lanjut Kuliah atau Langsung Kerja.

lpk unigamaPertanyaan yang muncul saat kita baru lulus sekolah lanjutan tingkat atas, pada dasarnya kedua-duanya itu bagus namun tergantung pada penilaian kalian masing – masing untuk mempertimbangkan keputusan tersebut. Sedikit saya berikan gambaran pada kedua permasalahan tersebut :

Melanjutkan Kuliah :

  • Biaya.

Biaya untuk kuliah dari tahun ke tahun itu semakin tinggi, jadi untuk melanjutkan kuliah segi biaya harus perlu dipertimbangkan. Dari mana asal biaya itu bisa kamu dapatkan , banyak jalan yang bisa ditempuh untuk mendapatkan biaya tersebut : Mengumpulkan sendiri dengan mencari kerja sampingan atau berdagang dll yang penting halal, Minta bantuan sama orang tua untuk membiayai kuliah dan ini patut dicoba yaitu mencari beasiswa. Jika kalian masuk kuliah kekuarangan biaya, nanti takutnya akan berhenti ditengah jalan.

  • Kemampuan / Ilmu.

Kemampuan atau ilmu juga diperlukan jika ingin menjadi mahasiswa, karena tingkat ilmu di universitas itu lebih tinggi dari waktu kalian dapatkan di sekolah. Paling tidak kalian waktu mendaftar ingin masuk ke perguruan tinggi tersebut pasti akan ada tes masuk. Jika tidak mempunyai kemampuan atau ilmu yang cukup bakal dipastikan kalian tidak akan lolos seleksi pada tahap awal tersebut.

  • Tekat dan Mental.

Tekat dan mental harus disiapkan, karena pembelajaran di universitas sudah berbeda dengan disekolah, menjadi mahasiswa dan dilingkungan kampus kalian sudah dianggap dewasa sudah bukan anak sekolah menengah atas lagi. kemandirian kalian akan diuji tidak ada ketua kelas, kalian mandiri dilingkungan tersebut.

  • Tujuan.

Pastikan kalian mempunyai tujuan yang jelas, jurusan apa yang hendak dipilih bukan karena paksaan orang tua atau karena latah jurusan tersebut lagi ngetrend. Tujuan kalian masuk kuliah menentukan masa depan kalian kelak.

Langsung Kerja :

  • Kemampuan/Skill

Tak bisa dipungkiri, perusahaan pasti mencari kandidat yang terbaik. Perusahaan mencari kandidat yang mempunyai skill atau keahlian yang tepat dengan yang diinginkan perusahaan, attitude atau kesopanan yang baik, dan knowledge atau pengetahuan yang luas. Untuk menjadi pribadi yang disukai perusahaan, anda harus punya ketiga hal ini, dan anda harus bisa mengenali diri anda. Tingkatkan kelebihan anda, dan cari solusi untuk kekurangan anda. Adanya kekurangan dalam diri anda bukan menjadi kelemahan anda, tetapi akan menjaadi kekuatan anda jika anda mampu mengatasi kekurangan anda dengan hal-hal yang sederhana tapi bermanfaat untuk menepis kekurangan anda tersebut. Berlatihlah mengerjakan soal-soal latihan, seperti psikotes (logika, menggambar, dll), matematika, kemampuan bahasa (bahasa Indonesia, bahasa Inggris) baik tertulis ataupun lisan.

  • Siapkan akomodasi

Lokasi tes seleksi biasanya dilakukan di kampus, gedung pertemuan, atau perusahaan. Untuk menjangkau lokasi tersebut, anda membutuhkan biaya transportasi. Terlebih untuk seleksi yang dilakukan di luar kota.

  • Berusaha dan berdoa

Mencari pekerjaan yang tepat membutuhkan usaha dan doa. Pantang menyerah dan tetap berusaha sampai mendapatkan yang terbaik. Jangan lupa tetap berdoa, karena pada dasarnya pekerjaan adalah pemberian Tuhan, jadi mintalah pada Tuhan pekerjaan yang tepat untuk anda dan sesuai dengan kemampuan anda.

Apapun pilihan kamu, bekerja baru kuliah atau kuliah lalu bekerja, semua baik untuk dilakukan. Karena kesuksesan tidak melulu datang dari bangku sekolah dan ingat pula bahwa hanya sedikit orang yang putus sekolah atau tidak kuliah lalu sukses di dunia.

Jika kalian ingin meningkatkan SKILL komputer kamu baik software ataupun hardware kamu bisa mengikuti kursus di tempat kami, Untuk INFO lebih lengkapnya dapat mengunjungi website kami di www.lpk-unigama.com atau dapat menghubungi kami langsung di :

LPK UNIGAMA
Jl. Mayjend Bambang Sugeng No. 75 Yogyakarta.
Telp. (0274) 542630
SMS/Whatsaap/Line : 0838.670.40663
PIN BB : 558D31E7