September 25, 2017

Mengintegrasikan Komputer Dalam Pembelajaran Kursus Komputer

Pada pembelajaran yang menggunakan komputer berarti instruktur komputer bukanlah satu-satunya sumber belajar. Komputer disebut dengan hidden teacher (instruktur tersembunyi) yang bisa menjadi instruktur bagi anak. Bagaimana memfasilitas anak yang belajar menggunakan software atau program komputer?

  1. Pastikan komputer berada pada tempat yang aman baik catu daya atau aliran listriknya sehingga tidak membahayakan anak. Ada baiknya komputer tidak langsung bersentuhan dengan lantai jadi dilapisi karpet. Sekarang banyak tesedia laptop kids yang murah dan lebih aman dipergunakan.
  2. Instruktur adalah co- learner. Jadilah partisipan belajar bagi anak dengan mendampingi anak. Namun, kontrol yang berlebihan sebaiknya dihindari. Biarkan anak bereksplorasi atau meningkatkan ketrampilannya sendiri di depan komputer. Instruktur memberikan penjelasan ke arah tingkat berpikir lebih tinggi apabila memang diperlukan termasuk jika anak mengalami kesulitan. Petunjuk penggunaan program di awal bisa diberikan. Namun, guru harus mengusahakan agar anak bisa melakukan secara mandiri seiring meningkatnya kemampuan dalam menyerap materi dalam program dan ketrampilan pengoperasiannya.
  3. Pilihlah saat yang tepat. Artinya penggunaan komputer bisa disesuaikan dengan materi pembelajaran. Khusus di TK dan SD kelas rendah pembelajaran tematik maka software yang mendukung tema yang sedang dipelajari.
  4. Kerjasama dengan orangtua menjadi penting. Komputer bisa menjadi pusat kegiatan belajar bagi anak di dalam keluarga. Persoalan adalah pada kemauan dan komitmen waktu untuk mendampingi anak-anak. Anak sekarang memiliki orangtua yang lebih muda dan dengan tingkat pendidikan lebih baik sehingga memberikan peluang kebermanfaatan komputer.